Warna Cat Kamar Tidur Mempengaruhi Kualitas Tidur

Advertisement

Keharmonisan setiap sudut rumah perlu diperhatikan dengan cermat, termasuk dalam kombinasi warna cat rumah. Setiap ruangan hendaknya memiliki keselaran warna cat sehingga dapat menegaskan tema rumah secara keseluruhan. Tentu saja setiap ruangan juga perlu perhatian khusus, karena perbedaan fungsi ruangan menuntut penggunaan warna yang berbeda. Hal ini misalnya terjadi pada pemilihan warna cat untuk kamar tidur. sebuah survei yang dilakukan oleh Travelodge dan dirilis di situs Daily Mail menunjukkan bahwa warna cat kamar tidur mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

warna cat kamar tidur minimalis

Survei ini dilakukan terhadap 2.000 rumah di Inggris untuk mengetahui pengaruh warna cat kamar tidur terhadap kualitas tidur. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa mereka yang memiliki kamar tidur dengan warna biru cenderung mendapatkan istirahat yang baik, mendekati delapan jam pada malam hari, dan bangun dalam keadaan bersemangat dan positif. Menurut laporan ini, warna biru berhubungan dengan perasaan tenang dan dianggap dapat memperlambat detak jantung, bahkan menurunkan tekanan darah. Warna hijau dan kuning juga ternyata baik untuk warna kamar tidur. Mereka yang memiliki kamar tidur dengan warna ini rata-rata dapat tidur selama tujuh jam 40 menit pada malam hari.

warna cat kamar tidur biru

warna cat kamar tidur yang menenangkan

Masih berdasarkan penelitian ini juga, warna cat kamar tidur yang sebaiknya dihindari adalah warna ungu. Mereka yang memiliki kamar tidur dengan warna ini. rata-rata hanya dapat tidur selama 5 jam 50 menit setiap malam. Menurut mereka, alasan yang membuat mereka sulit tidur adalah karena warna ungu secara mental membuat seseorang sulit untuk tertidur setelah melewati hari-hari yang sibuk. 2 warna kamar tidur yang juga kurang direkomendasikan adalah coklat dan abu-abu. Mereka yang memiliki kamar tidur dengan warna cat coklat rata-rata dapat tidur selama 6 jam 5 menit, sedang mereka yang memiliki kamar tidur dengan warna abu-abu hanya dapt tidur selama 6 jam 20 menit.

warna cat tembok kamar tidur minimalis

warna cat kamar tidur menurut feng shui

Anda boleh percaya atau tidak percaya dengan penelitian di atas. Namun, dalam psikologi pun sudah cukup lama dikenal istilah psikologi warna. Artinya, warna memang secara mental berpengaruh pada seseorang. Sekalipun penelitian ini baru dilakukan di Inggris, tidak ada salahnya dijadikan pertimbangan dalam memilih warna cat kamar tidur. Siapa tahu, kualitas tidur akan lebih baik dengan memilih warna-warna seperti biru, hijau, dan kuning.

Advertisement
Warna Cat Kamar Tidur Mempengaruhi Kualitas Tidur | mario dewantara | 5

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.