Cara Desain Kamar Mandi agar Sesuai Fungsinya

Advertisement

Keberadaan kamar mandi yang berada di area belakang bagian rumah ini seringkali di abaikan. Padahal kamar mandi juga tak kalah pentingnya lho dengan fungsi ruang tamu atau ruang-ruang lainnya. Kamar mandi yang nyaman tentunya akan membuat kita betah jika berlama-lama dikamar mandi. Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara desain kamar mandi agar dapat membuat kita merasa nyaman ketika berada didalamnya.

This Shutterstock image #3045664 was downloaded on 6.20.07 for HSW ULTIMATE DECORATING: BATHROOMS 470675

Hal yang harus anda lakukan adalah menentukan fungsi interior kamar mandi terlebih dahulu. Pilihlah permukaan lantai yang tidak licin, mudah jika dibersihkan, kokoh dan tahan terhadap bahan kimia. Anda bisa menggunakan jenis keramik, vinil atau batu alam seperti granit marmer dan lain-lain. Selain itu desain kamar mandi juga harus memperhatikan cara pemasangannya. Disarankan pemasangan lantai kamar mandi 1 % dari lebar maupun panjang lantai.

Perhatikan juga dinding kamar mandi dengan memili bahan yang tahan terhadap air dan mudah dicuci. Seperti contohnya cat water proofing, batu alam, keramik atau menggunakan pembatas yang tahan air. Untuk pemilihan lain desain kamar mandi, anda bisa menggunakan batako yang  bisa anda lapisi dengan cat yang tahan terhadap air. Ini bisa dijadikan solusi ekonomis. Pilih juga warna dinding yang cerah agar terkontrol kebersihannya.

Fungsi kamar mandi yang sering bersentuhan dengan air, maka anda juga harus hati-hati dalam menentukan kusen maupun pintu. Pilihlah bahan yang tahan air dan mudah diberseihkan. Untuk contohnya kusen atau pintu pvc. Selain itu anda bisa menggunakan kusen berbahan dasar aluminium beserta pintunya yang terbuat dari jenis seng atau fiber. Desain kamar mandi hendaknya juga harus memperhatikan ketinggian pintu yang harus tinggi dari lantainya. Disamping itu, pintu harusnya dipasang di kanan dan membuka ke dalam agar tidak terjadi benturan jika ada kegiatan diluar kamar mandi.

Advertisement
Cara Desain Kamar Mandi agar Sesuai Fungsinya | Mario Agung Dewantara | 5

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.