Pintu Rumah Minimalis

Advertisement

berdasarkan fungsi pintu adalah penghubung antara satu ruangan dengan ruangan yang lain. Keberadaan pintu membuat aktifitas di berbagai ruangan dapat dilakukan oleh anggota keluarga secara terpisah tanpa harus terganggu satu sama lain. Namun demikian, pintu juga bisa melengkapi estetika rumah. Setiap model rumah tentu membutuhkan desain dan jenis pintu rumah yang berbeda pula, termasuk pada pintu rumah minimalis. Jika rumah memiliki gaya tertentu berarti semua aspek di dalam rumah juga harus minimalis, termasuk pintu rumah pada desain rumah minimalis.

pintu rumah minimalis sederhana

pintu rumah minimalis sederhana

Pintu rumah minimalis tentu saja didesain sesuai dengan prinsip dasar desain minimalis. Desain pintu pada rumah minimalis biasanya didesain secara sederhana namun tegas. Pintu biasanya tidak memiliki cornice atau ukiran yang rumit. Sebuah pahatan berbentuk persegi atau bangun geometris lain sudah cukup sebagai desain pintu. Bangunan minimalis yang berbentuk kotak memang seringkali hanya dilengkapi dengan desain pintu berukiran bangun geometris atau garis-garis vertikal/horizontal saja. Contoh-contoh desain dan pola pintu saat ini sudah banyak ditemukan di internet. Anda bisa menjelajahi berbagai contoh desain untuk mendapatkan inspirasi.

pintu rumah minimalis 2 pintu

pintu rumah minimalis 2 pintu

Bahan untuk pintu rumah minimalis sendiri tidak terlalu menjadi persoalan. Beberapa desain rumah minimalis memiliki pintu dengan kerangka yang terbuat dari logam ditambah kaca sebagai pengganti kayu atau papan. Pintu juga bisa dibuat dari kayu jati dengan beberapa tambahan kaca sebagai hiasan. Pintu minimalis juga bisa dibuat satu saja, atau dibuat 2 dengan konsep pintu kembar. Selain itu pintu bisa dibuat dengan konsep pintu ayun atau pintu geser. Jadi, tidak ada batasan untuk bahan maupun konsep pintu selama tidak meninggalkan konsep minimalisnya.

pintu rumah minimalis modern

pintu rumah minimalis modern

Pintu memiliki peran penting dalam menambah estetika rumah, termasuk pintu rumah minimalis. Terlebih lagi pintu menjadi salah satu yang diperhatikan dengan cermat saat orang hendak masuk ke dalam rumah. Desain pintu pun perlu diselaraskan dengan desain jendela rumah minimalis. Hal ini karena pintu dan jendela merupakan 2 bagian rumah yang memisahkan antar bagian dinding. Jadi, dapat dikatakan pintu dan jendela adalah bagian dari dinding sekaligus sebagai variasi dari dinding.

Advertisement
Pintu Rumah Minimalis | Mario Agung Dewantara | 5

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.